Tips membeli laptop untuk pelajar

Di masa pandemi ini, hampir semua kegiatan belajar dilakukan secara daring. Tentunya metode pembelajaran seperti itu membutuhkan perangkat elektronik yang handal untuk mendukung kegiatan pembelajaran secara daring.

Selain smartphone, laptop kini juga dibutuhkan. Namun tentunya ada kriteria tertentu untuk sebuah laptop pelajar. Kriteria berikut penting sebelum Anda memutuskan untuk membeli laptop pelajar terbaik.
Harga

Sebagai seorang pelajar, budget biasanya tidak terlalu tinggi, karena laptop merupakan investasi yang cukup nominal. Seperti yang disebutkan di awal saran pembelian kami, produsen laptop mengetahui hal ini dan karenanya beriklan lagi dan lagi dengan kampanye khusus untuk pelajar.

Oleh karena itu, kami mendorong Anda untuk mencari penawaran ini dan memanfaatkan peluang setelah jumlah laptop yang sesuai mulai menipis. Desain kursus yang sesuai tergantung pada program studi Anda sendiri. Mahasiswa ilmu komputer lebih menyukai performa, desainer media lebih menyukai layar besar termasuk fungsionalitas sentuh dan mahasiswa administrasi bisnis tentunya lebih menyukai kekompakan dengan bobot serendah mungkin.
ukuran

Laptop dengan dimensi kecil sangat diminati saat ini. Tentunya selain mudah untuk dibawa, hal ini juga sangat baik dari segi layout untuk penyimpanan dimana nantinya laptop akan disimpan baik saat digunakan maupun tidak. Laptop ukuran kecil sangat cocok untuk mahasiswa yang tidak memiliki banyak ruang di kamarnya, terutama mereka yang tinggal di pesantren. Ukuran laptop pada akhirnya adalah keputusan Anda. Namun perlu diperhatikan bahwa semakin ringkas sebuah laptop, semakin sedikit ruang yang dikandungnya. Jadi jangan mengharapkan kinerja yang sama dari perangkat kecil yang sempit seperti yang ada di sisi yang lebih besar.

Baca Juga : Daftar Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Mahasiswa
berat badan (berat badan)

Sebagai kriteria khusus, kami mementingkan berat, karena Anda mungkin harus membawanya sepanjang hari. Ada laptop yang sangat ringan seperti Microsoft Surface Go dengan hanya 522 g (tanpa Type Cover) dan untuk perbandingan bobot kecil seperti Lenovo Thinkpad E495, yang tersedia mulai dari 1,75 kg. Tetapi sekali lagi, kami harus mengatakan bahwa teknologi itu sangat penting. Jika ada lebih banyak di dalamnya, maka itu pasti mempengaruhi beratnya di suatu tempat. Selain itu, laptop 2kg sekarang menjadi bobot standar dibandingkan dengan laptop di masa lalu.
kapasitas penyimpanan (memori)

Kapasitas penyimpanan yang tepat juga penting. Selama penelitian kami, kami memastikan bahwa semua laptop dilengkapi dengan hard drive SSD untuk memastikan transfer data yang cepat. Jika Anda hanya menggunakan laptop untuk sekolah atau universitas yang hanya menyimpan file dan beberapa proyek, maka RAM 128 GB sudah cukup. Namun, jika Anda juga ingin menggunakannya secara pribadi untuk bermain video game, kami merekomendasikan kapasitas penyimpanan (tergantung intensitas) sebesar 256 GB atau lebih. Tentu saja, jika terjadi kesulitan di kemudian hari, Anda dapat dengan mudah memindahkan data Anda ke hard drive eksternal.

Sumber :