Selamat hari Kartini

“Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.” – R.A. Kartini

Setiap tahunnya, 21 April selalu menjadi momentum bagi rakyat Indonesia untuk memperingati hari Kartini, sosok yang menjadi representasi perempuan tangguh Indonesia. Beliau adalah muslimah yang taat, memiliki semangat belajar yang tinggi, dan bercita-cita mencerdaskan anak bangsa. Dalam surat-surat yang ditulis untuk temannya di Belanda, ia menyampaikan ingin menerjemahkan naskah kitab-kitab Islam ke bahasa Indonesia agar muslim Indonesia dapat memahaminya. Ia juga terinspirasi dengan salah satu ayat di Al qur’an surat Al Baqarah ayat 257 yaitu ‘minadzdzulumaati ilannuur’ yang artinya “Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman)”.

Memperingati hari Kartini, artinya mengingat kembali cita-cita luhur para pahlawan perempuan Indonesia sehingga menjadi momentum refleksi bagi kita semua para muslimah untuk mewujudkan harapan mereka. Memperingati hari Kartini, artinya menguatkan ‘azzam kita bahwa sebagai seorang muslimah tidak hanya harus cerdas tetapi harus pula mencerdaskan, sebab kita adalah madrasatil ulaa kelak bagi anak-anak kita. Memperingati hari Kartini, artinya menyadari bahwa pemikiran akan lebih tercerahkan dengan berpegang teguh pada Al Qur’an dan nilai-nilai keislaman.

Selamat hari Kartini!
Selamat menjadi versi terbaik diri wahai muslimah masa kini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *