Perjalanan Menembus Galaksi: Captain Marvel atau Shazam?

Kisah perjalanan menembus galaksi untuk menyelamatkan manusia bukan Captain Marvel atau Shazan, ini tentang Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Pada malam 14 abad lalu, seperti yang digambarkan Allah SWT dalam surah Al-Israa: Allah memperjalankan Nabi Muhammad SAW dari Masjid Al-Haram di Mekkah, ke Masjid Al-Aqsha di Jerussalem, kemudian naik ke sidratul muntaha, menembus tujuh lapis langit. Dari perjalan ini lahirlah kemudian syariat shalat 5 waktu bagi umat nabi Muhammad SAW yang kita laksanakan hingga hari ini.

Surat Al-Isra seperti yang dijelaskan dalam beberapa tafsir menyebutkan bahwa unsur yang dominan dalam struktur surah ini serta menjadi poros substansial tema-temanya adalah pribadi Rasulullah SAW. Lebih jauh juga bagaimana problem risalah para rasul dan keistimewaan risalah nabi Muhammad SAW.

Jadi, jika diceritakan bahwa Captain Marvel maupun Shazam dapat terbang ke angkasa dan menembus galaksi untuk menyelamatkan umat manusia, Rasulullah sudah melakukannya jauh lebih lama dan tentu saja, itu nyata.

Isra’ Mi’raj adalah momen yang baik untuk kita dapat merenungi makna perjalanan nabi Muhammad SAW, bagaimana kesabaran beliau menghadapi sikap kaum Quraish terhadap dakwah yang disampaikan beliau, dan semoga menjadi penguat iman kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *