Sikap terhadap Aksi Terorisme di Selandia Baru

Pernyataan Sikap - Terorisme di Selandia Baru - FSLDK Indonesia


Terorisme di Selandia Baru. Kabar duka yang amat mendalam datang dari saudara kita di Selandia Baru. Aksi terorisme dalam bentuk penembakan brutal di dua tempat, yaitu Masjid An Noor dan Masjid Linwood, Christchurch, Selandia Baru, pada Jumat (15/3) siang. Harian New Zealand Herald melaporkan pelaku adalah seorang pria Australia yang pernah menulis manifesto berisi ideologi ekstrem kanan yang anti-Islam dan anti-imigran. Dari aksi teror brutal ini, Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengungkap bahwa terdapat sedikitnya 40 orang telah tewas dibunuh.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Ibu Retno Marsudi sebagaimana dilansir detik.com, mengatakan ada enam warga negara Indonesia (WNI) yang tengah berada di Masjid Al Noor saat penembakan terjadi. Tiga WNI dipastikan selamat dan bisa dikontak.

FSLDK Indonesia sebagai bagian dari masyarakat dunia menyatakan sikap mengutuk aksi terorisme yang sangat menyedihkan ini, atas dasar apapun tidak dapat dibenarkan. Mendukung kepolisian setempat untuk menindak dengan seadil-adilnya pelaku terorisme tersebut, agar tidak ada lagi yang berani bertindak brutal yang serupa.

”Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya…” (QS Al Maidah: 32]

Kami juga menyampaikan duka mendalam kepada para korban. Khususnya bagi WNI yang turut menjadi korban. Semoga Allah senantiasa memberi kekuatan dan perlindungan.

Mari melaksanakan shalat ghaib sebagai bentuk kepedulian. Sebagai bentuk perlawanan, juga mari kita lakukan kampanye bersama dengan tagar #TerrorismHasNoReligion untuk menegaskan kembali bahwa tidak ada tempat di agama apapun bagi tindakan terorisme. (Lihat juga : Do and Don’ts )

Demikian sikap kami, semoga juga tidak akan pernah ada lagi kejadian terorisme menyedihkan serupa yang terjadi kedepannya, tetap bersama mewujudkan perdamaian di dunia.

English version (https://fsldk.id/christchurch-mosque-shooting/)


Jakarta, 15 Maret 2019
Ketua Puskomnas FSLDK Indonesia,
Fahrudin Alwi, S.Hum

4 Replies to “Sikap terhadap Aksi Terorisme di Selandia Baru”

    1. Innalillahi wa innailaihi roji’un,
      Sangat disayangkan ini terjadi pada sodara kita umat muslim yg ada di selandia baru yg sedang berada di dalam masjid. Ini sangat tidak manusiawi dan dlm agama manapun tidak diajarkan untuk melakukannya. Saya pribadi ikut berbelasungkawa atas meninggalnya sodara kita dan semoga beliau semua sahid dan seperti janji Alloh SWT akan dimasukkan dalam Jannah. Dan bagi keluarga yg ditinggalkan semoga diberikan keikhlasan dan ketabahan dlm menghadapi peristiwa ini. Dan semoga pelaku dan jaringannya juga dapat segera ditangkap dan diadili seadil-adilnya supaya tidak ada lagi peristiwa serupa di tempat atau negara lain. Amin ya robbal’alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *